201
undefined
1.
Alat Pendidikan
Alat
pendidikan ialah suatu tindakan atau situasi yang sengaja diadakan untuk
tercapainya suatu tujuan pendidikan yang terntentu. Macam-macam alat pendidikan
ini antara lain:hukuman dan ganjaran, perintah dan larangan, celaan dan pujian,
contoh, kebiasaan.
Alat-alat pendidikan dapat dibedakan dari bermacam-macam segi:
1.
Alat pendidikan positif dan yang negatif.
a.
Positif yaitu ditunjukkan agar anak mengerjakan sesuatu
yang baik, misalanya : contoh yang baik pembiasaan, pemerintah pujian,
ganjaran.
b.
Negatif, jika tujuannya menjaga supaya anak didik jangan
mengerjakan sesuatu yang buruk, misalnya larangan, celaan, peringatan, ancaman,
hukman.
2.
Alat pendidikan preventif dan korektif
a.
Preventif,
yaitu mencegah anak
sebelum ia berbuat sesuatu yang tidak baik, misalnya contoh: pembiasaan
perintah, pujian, ganjaran.
b.
Korektif, yaitu memperbaiki karena anak telah melanggar
ketertiban atau berbuat sesuatu yang buruk, misalnya : celaan, ancaman,
hukuman.
3.
Alat pendidikan yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
a.
Yang menyenangkan yaitu menimbulkan perasaan senang pada
anak-anak, misalnya ganjaran, pujian.
b.
Yang tidak menyenangkan, maksudnya yang menimbulkan
perasaan tidak senang pada anak-anak, misalnya hukuman dan celaan.
2.
Metode
Pendidikan
Strategi adalah usaha
untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Strategi
pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian
kegiatan yang di desains untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu.
Terdapat beberapa metode pembelajaran yang
dapat diterapkan dalam proses belajar-mengajar.
1.
Metode kerja kelompok
Metode kerja
kelompok atau bekerja dalam situasi
kelompok dengan mengandung pengertian bahwa siswa dalam satu kelas dipandang sebagai
satu kesatuan (kelompok) tersendiri ataupun dibagi atas kelompok-kelompok
kecil.
2.
Metode eksperimen
Metode
eksperimen ( percobaan ) adalah penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan
percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang di pelajari.
Dalam proses belajar mengajar dengan metode percoaan ini siswa diberi
kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu
proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik
kesimpulan sendiri mengenai suatu objek, keadaa, atau proses seseuatu.
3.
Metode tugas dan resistasi
Metode resitasi
( penguasaan) adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas
tertentu agar siswa melakukan kegitan belajar. Masalah tugas yang dilaksanakan
oleh siswa dapat dilakukan didalam kelas, dihalaman sekolah, dilaboratorium, di
perpustakaan, di bengkel, di rumah siswa, atau dimana saja asal tugas itu dapat
dikerjakan
4.
Metode
Diskusi
Metode diskusi
adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa –siswa di hadapkan kepada suatu
masalah yang bisa berupa peryataan atau pernyataan yang bersifat problematis
untuk di bahas dan di pecahkan bersama.
Teknik diskusi
adalah salah satu teknik belajar mengajar yang di lakukan oleh seorang guru
sekolah. Di dalam diskusi ini proses belajar mengajar terjadi, dimana interaksi
antara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman,
informasi, memecahkan masalah, dapat terjadi juga semuanya aktif, tidak ada
yang pasif sebagai pendengar saja
5. Metode sosiodarma dan role playing
Kata yang sama
artinya dan dalam pemakaiannya sering disilihgantikan sosiodrama pada dasarnya
mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial.
6.
Metode
Demonstrasi
Metode
demosntrasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan meragakan bahan
pelajaran kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang
di pelajari baik, sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan
penjelasan lisan. Dengan metode demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap
pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian
dengan baik dan sempurna.
7.
Metode
Problem Solving
Metode problem
solving (metode pemecahan masalah) bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi
juga merupakan suatau metode berfikir, sebab dalam problem solving dapat
menggunakan metode-metode lainnya yang dimulai dengan mencari data sampai
kepada menarik kesimpulan.
8 . Metode karya wisata
Kadang-kadang
dalam proses dalam proses belajar mengajar siswa perlu di ajak ke luar sekolah,
untuk meninjau tempat tertentu atau obyek yang lain. Hal ini bukan sekedar
rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat
kenyataannya karena itu, di katakana teknik karyawisata, adalah cara mengajar
yang dilaksakan dengan mengajar siswa kesuatu tempat atau obyek tertu di luar
sekolah untuk mempelajari/menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu,
suatu bengkel mobil museum dan sebagainya.
9.
Metode Tanya
Jawab
Metode tanya
jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus
dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada
guru.
10.
Metode Latihan
Metode latihan
yang disebut juga metode training merupakan suatu cara mengajar yang
baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. juga sebagai sarana untuk
memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selain itu metode ini dapat juga
digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan
keterampilan.
11.
Metode ceramah
Metode ceramah
adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional. Karena sejak dalu metode
ini telah digunakan sebagai alat komonikasi lisan antara guru dengan anak didik
dalam proses belajar mengajar. Meski metode ini lebih banyak menuntut keaktifan
guru dari pada anak didik, tetapi metode ini tetap tidak bisa di tinggalkan
begitu saja dalam kegiatan pengajaran. Apalagi dalam pendidikan dan pengajaran
tradisional, seperti di pedesaan yang kekurangan fasilitas.
12.
Model
Pembelajaran
Model
pembelajaran merupakan salah satu
pendekatan dalam rangka mensiasati perubahan perillaku eserta
didiksecara adaptif maupun generatif. Model pembelajan sangat erat kaitannya
dengan gaya belajar peserta didik ( learning style ) dan gaya mengajar
guru ( teaching style) yang keduanya disingkat menjadi SOLAT (Style
Of Learning and Teaching).
baca juga yaa ☺☺
Pengertian Pendidikan
Tujuan Pendidikan
Pendidik dan Peserta Didik
Lingkungan Pendidikan
Alat dan Metode Pendidikan
Evaluasi dan Kurikulum
Posting Komentar