Cari Blog Ini



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                  : Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas / Semester                      : X/II
Materi Pokok                          : Fluida Statis
Sub Materi                              : Hukum Archimedes
Alokasi Waktu                        : 1 x 15 menit
 

A.         Kompetensi Inti ( KI)
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI.2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar (KD)
1.1
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa  ingin tahu;  objektif; jujur; teliti cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari  sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.7
Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.7
Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang  memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Siswa mampu menunjukkan rasa kagum terhadap ciptaan tuhan YME yang mengatur karakteristik fluida melalui pengamatan di sekitar.
2.      Siswa menunjukan sikap bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan praktikum dan diskusi, serta melaporkan tentang hukum Archimedes.
3.      Siswa menunjukan sikap kreatif dalam melakukan kegiatan praktikum tentang hukum Archimedes.
4.      Siswa menunjukkan sikap terbuka dalam menerima pendapat antar anggota kelompok untuk memecahkan masalah tentang hukum Archimedes.
5.      Siswa mampu menyebutkan hukum Archimedes tanpa membuka buku/catatan dengan benar.
6.      Siswa mampu menghitung persamaan yang terdapat dalam hukum Archimedes tanpa bekerja sama dengan benar.
7.      Siswa mampu menyebutkan penerapan hukum Archimedes dalam kehidupan sehar-hari
8.      Siswa mampu menerapkan hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.



D.       Materi Pembelajaran
Saat benda dicelupkan ke dalam zat cair, sesungguhnya berat benda tersebut tidak berkurang. Gaya tarik bumi yang bekerja pada benda tetap sama. Namun, zat cair mengerjakan gaya yang arahnya berlawanan dengan gaya gravitasi sehingga berat benda seakan-akan berkurang. Besarnya gaya ke atas yang dikerjakan air pada benda sebanding dengan berat air yang ditumpahkan oleh balok. Artinya, suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut. Peryataan ini dikenal sebagai hukum Archimedes. Secara matematis hukum Archimedes dapat dinyatakan sebagai berikut.
Fa : gaya Archimedes
wu : berat balok di udara
wa : berat balok di dalam zat cair
wc : berat zat cair yang ditumpahkan (N)
mc : massa zat cair yang ditumpahkan (kg)
ρ c : massa jenis zat cair (kg/m3)
V : volume benda yang tercelup (m3)
g : percepatan gravitasi bumi (m/s2)
Beberapa penerapan hukum Archimides dalam kehidupan seharihari, antara lain, pada hidrometer, kapal selam, dan kapal laut.
a.       Hidrometer.
Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis zat cair. Hidrometer terbuat dari tabung kaca yang didesain sedemikian rupa, sehingga saat dicelupkan ke dalam zat cair terapung tegak. Hidrometer terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian bawah hidrometer yang diberi beban butiran timbal agar tabung kaca berdiri tegak di dalam zat cair, bagian tengah yang lebih besar dan disebut gelembung penegak, serta bagian atas berupa skala berat jenis.
Tangkai tabung kaca (gelembung penegak) hidrometer didesain supaya perubahan kecil dalam berat benda yang dipindahkan (sama artinya dengan perubahan kecil dalam massa jenis zat cair) menghasilkan perubahan besar pada kedalaman tangki yang tercelup di dalam zat cair. Artinya perbedaan bacaan pada skala untuk berbagai jenis zat cair menjadi lebih jelas.
b.      Kapal Selam.
Kapal selam memiliki alat pengatur yang dinamakan tangki pengapung. Pada saat tangkipengapung koson, kapal selam terapung. Untuk menyelam, tangki pengapung dimuati air. Dan saat kapal ingin kembali ke permukaan, tangki pengapung dikosongkan kembali dengan cara mempompakan udara masuk ke dalamnya.
c.       Kapal Laut.
Agar kapal laut tidak tenggelam badan kapal harus dibuat berongga. Hal ini bertujuan agar volume air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi lebih besar. Berdasarkan persamaan besarnya gaya ke atas sebanding dengan volume zat cair yang dipindahkan, maka gaya ke atas yang diterima kapal menjadi sangat besar. Gaya ke atas inilah yang mampu melawan berat kapal, sehingga kapal tetap dapat mengapung di permukaan laut.
Selain dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, adanya hukum Archimedes menyebabkan benda yang dimasukkan ke dalam akan mengalami tiga kemungkinan, yaitu terapung, melayang, dantenggelam.
a.              Benda Terapung.
Benda dikatakan terapung dalam zat cair jika tidak seluruh bagian benda tercelup dalam zat cair. Hal ini terjadi karena massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis zat cair (ρ b < ρ c), sehingga berat benda juga lebih kecil daripada gaya Archimedes (wb < Fa). Contoh peristiwa terapung, antara lain, plastic atau kayu yang dimasukkan ke dalam air.
b.              Benda Melayang.
Benda dikatakan melayang dalam zat cair apabila keseluruhan permukaan benda tercelup dalam zat cair dan benda diam (tidak jatuh ke bawah tetapi juga tidak muncul ke permukaan). Kondisi ini dapat terjadi karena massa jenis benda sama dengan massa jenis zat cair (ρ b = ρ c), sehingga berat benda menjadi sama dengan gaya Archimedes (wb = Fa). Dengan kata lain, berat benda di dalam zat cair sama dengan nol. Contoh peristiwa melayang adalah ikan-ikan di dalam air.
c.              Benda Tenggelam.
Benda dikatakan tenggelam dalam zat cair apabila benda     jatuh ke bawah/dasar wadah saat dimasukkan ke dalam zat cair tersebut. Hal ini terjadi karena massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis zat cair (ρ b < ρ c), sehingga berat benda juga lebih besar daripada gaya Archimedes
(wb > Fa). Contoh peristiwa tenggelam, antara lain, batu dan yang dimasukkan ke dalam air.

E.       Pendekatan /Model/ Metode Pembelajaran
Pendekatan               : Scientific
Model pembelajaran : STAD
Metode                     : demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab

F.        Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Kegiatan Pendahuluan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
PENDAHULUAN
1.         Guru mengucapkan salam
2.         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan ‘Basmallah”
3.         Memeriksa kehadiran siswa
1.          Siswa menjawab salam
2.      Siswa bersama-sama  membuka pelajaran dengan mengucapkan ‘Basmallah”
3.          Siswa memberitahukan kehadiran.
2
menit
Fase 1 Menyampaikan Tujuan Dan Memotivasi Siswa
1.          Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menampilakn video mengenai hukum Archimedes
2.          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
1.     Siswa mendengarkan guru dan menjawab pertanyaan guru.
2.     Siswa medengarkan guru.
Kegiatan inti
Fase 2 Menyajikan Informasi
10 menit
1.          Guru menyampaikan informasi mengenai Hukum Archimedes.
1.     Siswa memperhatikan guru.
Fase 3 Mengorganisasikan Siswa Kedalam Kelompok-Kelompok Belajar.
1.          Guru membagi siswa kedalam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari dua-tiga orang yang memiliki kecerdasan tinggi, sedang dan rendah.
2.          Guru membagikan LKS kepada siswa
1.     Siswa bergabung kedalam kelompok yang sudah dietapkan oleh guru
2.     Siswa mengerjakan LKS
Fase 4 Membimbing Kelompok Bekerja Dan Belajar
1.          Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi dan mengerjakan LKS
1.     Siswa mengerjakan LKS dengan dibimbing siswa.
Fase 5 Evaluasi
1.          Guru mempersilahkan perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
2.          Guru mempersilahkan kepada siswa utnuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari
3.          Guru menanggapi dan memberikan evaluasi terhadap hasil diskusi.
4.          Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa
1.     Siswa maju mempresentasikan hasil diskusinya.
2.     Siswa menyimpulkan materi pelajaran.
3.     Siswa mendengarkan guru.
4.     Siswa memngerjakan soal evaluasi.
Fase 6 Memberikan Penghargaan

1.         Guru memberikan penghargaan kepada setiap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi.
2.         Guru memberikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
3.         Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan Hamdallah
1.     Siswa menerima penghargaan seusai dengan kriteria.
2.     Siswa mendengarkan guru.
3.     Siswa mengucapkan Hamdallah.
3         
menit

1.      Teknik Penilaian
no
Aspek yang dinilai
Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
1
Sikap
·     Bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok
·     Kreatif dalam memecahkan masalah.
·     Terbuka dalam menerima pendapat teman
·     Kagum terhadap atas kekuasaan yang Maha esa
·         Observasi kegiatan diskusi
·         Penilaian diri
·         Penilaian antar peserta didik
·         Lembar observasi
·         Format penilaian
·         Format penilaian

2
Pengetahuan
·     Menjelaskan kembali tentang
Hukum Archimedes
·         Tes tertulis
·         penugasan
·         soal uraian
3
Keterampilan
·      Terampil menerapkan hukum-hukum Hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
·         pengamatan
·         Lembar pengamatan
1.      Instrumen Penilaian (Terlampir)

G.        Media, Alat, Bahan, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media                          :
Papan Tulis, Laptop & LCD
2.
Alat dan Bahan           :

3.
Sumber Pembelajaran :
·      Worksheet atau lembar kerja siswa (LKPD)
·      Lembar penilaian
·      Laptop
·      Buku Fisika untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. (Edi Istiyono : PT. Intan Pariwara)
·      Buku referensi yang relevan




Palangka Raya, April 2016
Mengetahui,

Dosen Pembimbing
Mahasiswa Praktikan





Wiwik Agustinaningsih,M.Pd
Rini Fakhrunnisa

1301130296

Label: , |
1 Response

Posting Komentar