Cari Blog Ini



LKS (lembar Kerja Siswa)
Nama                           :
Kelas                           :
Mata Pelajaran            :
Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar
1.      Apa yang dimaksud dengan fluida statis?
2.      Seorang penyelam mampu berada pada kedalaman 40 m di bawah permukaan laut. Jika massa jenis air laut 1,2 g/cm3 dan percepatan gravitasi 10 m/s², maka hitunglah besar tekanan hidrostatis yang dialami penyelam!
3.      Perhatikan gambar di samping! Suatu alat pengangkat mobil (dongkrak hidrolik) terdiri atas 2 tabung yang berhubungan.Kedua tabung yang mempunyai diameter berbeda ini ditutup masing-masing dengan sebuah pengisap. Tabung diisi penuh minyak. Pada tabung besar diletakkan mobil yang hendak diangkat. Ketika pengisap pada tabung kecil diberi gaya, ternyata mobil terangkat ke atas. Jika berat mobil 3 ton, diameter pengisap tabung besar 25 cm dan tabung kecil 5 cm, serta g = 10 m/s2, maka hitunglah gaya yang harus diberikan agar mobil terangkat naik!
4.      Sebuah besi yang volumenya 0,02 m³ tercelup seluruhnya di dalam air. Jika massa jenis air 10³ kg/m³, maka hitunglah gaya ke atas yang dialami besi tersebut!
5.      Apa yang dimaksud dengan tegangan permukaan? Tuliskan persamaannya !
6.      Sebuah pipa kapiler dengan jari-jari 1 mm dimasukkan vertikal ke dalam air yang memiliki massa jenis 1 g/cm3 dan tegangan permukaan 1 N/m. Jika sudut kontak 60º dan percepatan gravitasi g = 10 m/s², maka tentukan besarnya kenaikan permukaan air pada dinding pipa kapiler!
7.      Tulislah contoh penerapan hokum pascal dan hokum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari !

Label: , |
0 Responses

Posting Komentar