Cari Blog Ini



1.       Instrumen Penilaian
1.       Intsrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran         : Fisika
Kelas/semester        : X/I
Topik/sub topik       : Pengukuran
Indikator                   :Siswa menunjukkan perlaku kerja sama, santun, toleran, responsive dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

LEMBAR PENILAIAN SIKAP
No
Aspek yang dinilai
Skor Penilaian
KET
3
2
1
1.
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME




2.
Rasa ingin tahu




3.
Jujur dalam membaca skala pada alat ukur




4.
Teliti dalam membaca skala pada alat ukur





RUBRIK PENILAIAN SIKAP
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME
3
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME dengan cara menunjukkan rasa syukur dan mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan YME
2
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME dengan cara mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan YME tanpa menunjukkan rasa syukur
1
Tidak menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME dan tanpa mengungkapkan rasa syukur
2.
Rasa ingin tahu
3
Menunjukkan rasa ingin tahu, penasaran, antusias, menjawab pertanyaan guru, berpendapat dan aktif bertanya.
2
Menunjukkan rasa ingin tahu, penasaran, kurang antusias, kurang menjawab pertanyaan guru, kurang berpendapat dan kurang bertanya.
1
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak penasaran, tidak antusias, tidak menjawab pertanyaan guru, tidak berpendapat dan tidak bertanya.
3.
Jujur dalam membaca skala pada alat ukur
3
Membaca skala pada alat ukur dengan jujur tanpa merubah angkanya.
2
Membaca skala pada alat ukur dengan jujur namun merubah sedikit  angkanya.
1
Tidak membaca skala pada alat ukur dengan jujur dan merubah  angkanya.
4.
Teliti dalam membaca skala pada alat ukur
3
Membaca skala dan ketelitian pada alat ukur dengan teliti tanpa kesalahan.
2
Membaca skala dan ketelitian pada alat ukur dengan teliti namun sedikit kesalahan.
1
Tidak membaca skala dan ketelitian pada alat ukur dengan teliti dan banyak kesalahan.



2.       Instrumen Penilaian Pengetahuan
SOAL URAIAN
                                    1.      Apa yang dimaksud dengan pengukuran dan mengukur serta berikan contohnya?
                                    2.      Anda diminta untuk mengukur ketebalan sebuah uang kertas. Alat ukur panjang apa yang akan anda pilih? Sebutkan alasan anda memilih alat tersebut.
                                    3.      Hasil pengukuran panjang dan lebar sebidang tanah berbentuk empat persegi panjang adalah 12,23 m dan 14,3 m. Luas tanah menurut aturan angka penting adalah…..
                                    4.      Diana mengukur diameter dalam tabung dapat menunjukkan keadaan pengukuran seperti pada gambar. Berapakah diameter dalam tabung tersebut?
                                    5.      Penunjukkan skala pada mikrometer sekrup yang digunakan untuk mengukur tebal kertas dapat dilihat seperti pada Gambar 1.12. Berapakah hasil pengukuran tersebut?

KUNCI JAWABAN DAN RUBIK PENILAIAN SOAL URAIAN
No soal
Criteria jawaban
Rincian kriterian jawaban
skor
Skor tertinggi
Skor total
1
Menjelaskan pengukuran dan alat ukur
Menjelaskan dengan tepat dan benar :
Pengukuran merupakan proses mengukur. Sedangkan mengukur didefinisikan sebagai kegiatan untuk membandingkan suatu besaran dengan besaran standart yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.
Contohnya mengukur buku menggunakan penggaris dsb
20
20
20
Menjelaskan tetapi kurang sempurna/tidak menuliskan contoh :
 Pengukuran merupakan proses mengukur. Sedangkan mengukur didefinisikan sebagai kegiatan untuk membandingkan suatu besaran dengan besaran standart yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.
16
Memberikan jawaban tetapi tidak jelas : Pengukuran merupakan proses mengukur.
12
Memberikan jawaban salah : Pengukuran  tidak termasuk proses mengukur.
8
Tidak menuliskan jawaban.
4
2
Melakukan pengukuran serta menggunakan alat ukur secara benar
Memberikan jawaban serta alasan secara tepat :
Mikrometer sekrup karena micrometer merupakan alat ukur panjang yang ketelitian pengukurannya sangat teliti karena memiliki ketelitian 0,01 mm.   
20






20






20
Menjelaskan tetapi kurang sempurna/tidak namun   tidak menuliskan alasan :
Mikrometer sekrup karena termasuk alat ukur
16
Memberikan jawaban tetapi tidak jelas : micrometer sekrup
12
Memberikan jawaban salah : jangka sorong
8
Tidak menuliskan jawaban.
4
3
Mendefinisikan angka penting dan menerapkannya

Menjelaskan dengan tepat dan benar beserta penjelasan :
Luas = 12,23 x 14,3 = 174,889 m2
Aturan perkalian angka penting : jumlah angka penting hasil perkalian harus sebanyak angka penting paling sedikit dari bilangan yang dikalikan. 12,23 mempunyai 4 angka penting dan 14,3 mempunyai 3 angka penting. Angka penting paling sedikit adalah 3 karenanya hasil perkalian juga harus mempunyai angka penting sebanyak 3.
174,889 mempunyai 6 angka penting, karenanya harus dibulatkan hingga mempunyai 3 angka penting saja = 175.
20
20
20
Menjelaskan tetapi kurang sempurna:
Luas = 12,23 x 14,3 = 174,889 m2. Dibulatkan menjadi 175
16
Memberikan jawaban tetapi tidak jelas :
Luas = 12,23 x 14,3 = 175 m2
12
Memberikan jawaban salah.
8
Tidak menuliskan jawaban.
4
4
Membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan aturan penulisan angka penting.
Menulis diketahui
Diketahui :
x0 = 23 mm
Δx = 12
2
20
20
Menulis yang ditanyakan
x = …..
3
Menggunakan persamaan
x = x0 + Δx . 0,05
6
Memasukkan angka ke dalam persamaan
                        x = x0 + Δx . 0,05
= 23 + 12.0,05 = 23,60 mm
9
5
Membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan aturan penulisan angka penting.
Menulis diketahui
Diketahui :
x0 = 1 mm
Δx = 6
2
20
20
Menulis yang ditanyakan
x = …..
3
Menggunakan persamaan
x = x0 + Δx . 0,01
6
Memasukkan angka ke dalam persamaan
x = x0 + Δx . 0,01
= 1 + 6 . 0,01 = 1,06 mm
9
Skor Maksimum
100

Palangka Raya, Februari 2016
Mengetahui,   

Dosen Pembimbing
Mahasiswa Praktikan





Luvia Ranggi Nastiti, S.Si, M.Pd
Rini Fakhrunnisa
NIP. 19851115 201503 2 002
1301130296

0 Responses

Posting Komentar