Cari Blog Ini



1.      Instrumen Penilaian
I.          Intsrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran        : Fisika
Kelas/semester        : X/I
Topik/sub topik      : Hukum Archimedes
Indikator                   :Siswa menunjukkan perlaku kerja sama, santun, toleran, responsive dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

LEMBAR PENILAIAN SIKAP

Aspek yang diamati
Terlaksana
Penilaian
Skor total
Ya
Tidak
3
2
1

Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME






Bertanggung jawab






Kreatif






terbuka







RUBRIK PENILAIAN SIKAP
No
Aspek yang diamati
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME
3
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME dengan cara menunjukkan rasa syukur dan mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan YME
2
Menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME dengan cara mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan YME tanpa menunjukkan rasa syukur
1
Tidak menunjukkan rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME dan tanpa mengungkapkan rasa syukur
2.
Bertanggung Jawab
3
Mengerjakan kegaiatan yang ada didalam LKS, menjaga alat dan bahan percobaan dengan baik, tidak merusak alat dan bahan
2
Mengerjakan kegaiatan yang ada didalam LKS, namun tidak menjaga alat dan bahan percobaan dengan baik, merusak alat dan bahan
1
Tidak mengerjakan kegaiatan yang ada didalam LKS, tidak menjaga alat dan bahan percobaan, merusak alat dan bahan
3.
Kreatif
3
Mampu memberikan ide, gagasan dalam memecahkan masalah. Mampu merancangkan permasalahan sesuai dengan teori.
2
Mampu memberikan ide, gagasan dalam memecahkan masalah. Namun belum Mampu merancangkan permasalahan sesuai dengan teori.
1
Tidak mampu memberikan ide, gagasan dalam memecahkan masalah. Tidak ampu merancangkan permasalahan sesuai dengan teori.
4.
Terbuka
3
Menghargai pendapat teman, menerima pendapat teman, berpikir secara luas.
2
Menghargai pendapat teman, menerima pendapat teman, namun belum bisa berpikir secara luas.
1
Tidak menghargai pendapat teman, tidak menerima pendapat teman, tidak bisa berpikir secara luas.



II.                Instrumen Penilaian Pengetahuan
SOAL URAIAN
1.      Sebutkan hukum Archimedes?
2.      Sebuah besi yang volumenya 0,02 m³ tercelup seluruhnya di dalam air. Jika massa jenis air 10³ kg/m³, maka hitunglah gaya ke atas yang dialami besi tersebut!
3.      Sebutkan contoh penerapan hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
KUNCI JAWABAN DAN RUBIK PENILAIAN SOAL URAIAN
No soal
Rincian kriterian jawaban
skor
Skor tertinggi
Skor total
1
Menjelaskan dengan tepat dan benar :
Hukum Archimedes berbunyi “apabila sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair (baik sebagian atau seluruhnya), akan mendapat gaya ke atas sebesar berat zat cair yang dipindahkan benda tersebut”. Besarnya gaya ke atas tersebut sering dinamakan gaya Archimedes.
30
30
30
Menjelaskan tetapi kurang sempurna/kurang lengkap.
25
Memberikan jawaban tetapi tidak jelas.
20
Memberikan jawaban salah.
15
2
Menulis diketahui
V = 0,02 m3
 r = 10³ kg/m³
g = 10 m/s²
5

40

40
Menulis yang ditanyakan
Fa = …?
8
Menggunakan persamaan
Fa = r × V × g
11
Memasukkan angka ke dalam persamaan
Fa = r × V × g
= 10³ × 10 × 0,02
= 200 N
Jadi, gaya ke atas yang di alami besi sebesar 200 N.
16
3
Memberikan contoh penerapan secara lengkap :
1.      Kapal selam
2.      Kapal laut
3.      Hidrometer
4.      Balon udara
30
30
30
Memberikan contoh penerapan secara kurang lengkap
25
Hanya memberikan satu contoh penerapan
20
Memberikan jawaban salah
15
Skor Maksimal
100


III.             Instrumen Penilaian Psikomotorik
Aspek yang diamati
Terlaksana
Penilaian
Skor total
Ya
Tidak
4
3
2
1

Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan Hukum Archimedes







Mengidentifikasi mesalah yang telah diberikan untuk mengetahui konsep Hukum Archimedes







Mensketsa ilustrasi permasalahan pada Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui konsep Hukum Archimedes







Mengisi Lembar Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.







Menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan mengenai konsep Hukum Archimedes








Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan Hukum Archimedes
3 : Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, teliti, dan teratur
2 :Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan kurang benar dan tidak teliti serta tidak teratur
1 : Tidak merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah.
2
Mengidentifikasi masalah yang telah diberikan untuk mengetahui konsep Hukum Archimedes
3 :Mengidentifikasi masalah dengan sangat baik, tepat, dan jelas dalam pemecahan masalah.
2 :Mengidentifikasi masalah dengan kurang baik, kurang tepat dan tidak jelas dalam pemecahan masalah.
1  : Tidak mengidentifikasi masalah.
3
Mensketsa ilustrasi permasalahan pada Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui konsep Hukum Archimedes
3 :Mensketsa ilustrasi permasalahan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara tepat, dan rapi.
2 :Mensketsa ilustrasi permasalahan sesuai pada Lembar Kerja Siswa tetapi kurang tepat dan rapi.
1  : Tidak mensketsa ilustrasi permasalahan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara tepat, dan rapi.
4
Mengisi Lembar Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.
3 :  Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan permasalahan dengan tepat, dan bahasa yang mudah dipahami.
2 :Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan permasalahan tetapi kurang tepat dan bahasa yang digunakan sulit dipahami.
1 : Tidak mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan permasalahan dengan tepat, dan bahasa yang mudah dipahami.




Palangka Raya, April 2016
Mengetahui,

Dosen Pembimbing
Mahasiswa Praktikan





Wiwik Agustinaningsih, M.Pd
Rini Fakhrunnisa

1301130296

Label: , |
0 Responses

Posting Komentar