Cari Blog Ini



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                    : Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya
Mata Pelajaran                         : IPA
Kelas / Semester                       : XI / I
Materi Pokok                           : Usaha dan Energi
Alokasi Waktu                         : 1 x 15 menit
 
A.          Kompetensi Inti ( KI)
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI.2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar (KD)
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa  ingin tahu;  objektif; jujur; teliti cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari  sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.3
Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
4.3
Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan kekekalan energi


C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       Menunjukkan rasa kagum terhadap ciptaan tuhan YME yang menciptakan keteraturan alam dan jagad raya.
2.       Menunjukan bertanggung jawab dalam melaksanakan melaksanakan percobaan
3.       Menunjukan sikap kreatif dalam melaksanakan percobaan.
4.       Menunjukkan sikap terbuka dalam melaksanakan percobaan.
5.       Menjelaskan konsep usaha.
6.       Menjelaskan konsep energi
7.       Menjelaskan hubungan usaha dan perubahan energi.
8.       Menghitung persamaan usaha
9.       Menghitung persamaan energi
10.   Menggunakan hukum kekekalan energi dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
11.   Merencanakan percobaan menggunakan konsep gaya, dan kekekalan energy.
12.   Melakukan  percobaan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan konsep gaya dan kekekalan energy.
D.        Materi Pembelajaran
1.       Usaha
Usaha dalam fisika didefinisikan sebagai perkalian antara besarnya gaya yang menyebabkan benda berpindah dengan besarnya perpindahan benda yang searah dengan arah gaya tersebut. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.
W = F · s
Keterangan:
W : usaha (J)
F : gaya yang beraksi pada benda (N)
s : jarak pergeseran (m)
2.       Energi
Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Anda tentu tahu tentang hokum kekekalan energi. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energy tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan melainkan hanya dapat diubah bentuknya.
Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki oleh benda karena geraknya. Secara umum energi kinetik suatu benda yang memiliki massa m dan bergerak dengan kecepatan v dirumuskan oleh persamaan berikut.
Ek = ½ m v2
Keterangan:
Ek : energi kinetik (Joule)
m : massa benda (kg)
v : kecepatan benda (m/s)
Energi potensial diartikan sebagai energi yang dimiliki benda karena keadaan atau kedudukan (posisinya).  Sebuah benda dengan massa (m) dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi (g), sehingga berat benda adalah (w = mg). Bila benda berada pada ketinggian h,maka usaha yang dilakukan benda pada ketinggian tersebut adalah W = F · s = mgh.Saat usaha dilakukan pada benda, berarti benda diberi energi. Energi suatu benda karena kedudukannya dinamakan energy potensial. Bila energi potensial dilambangkan dengan Ep, maka persamaan matematisnya adalah sebagai berikut.
Ep = m · g · h
Keterangan :
m : massa benda (kg)
g : kecepatan gravitasi bumi (m/s2)
h : ketinggian benda (m)
Ep : energi potensial (kg m/s2) atau Joule
3.       Hubungan Usaha dan Energi
Misalnya sebuah balok yang mempunyai massa m bergerak dengan kecepatan awal vo. Karena pengaruh gaya F, maka balok setelah t detik kecepatannya menjadi vt dan berpindah sejauh s. Apabila gaya yang diberikan kepada balok besarnya tetap, maka persamaan yang berlaku adalah sebagai berikut.

Persamaan di atas merupakan hubungan antara usaha dengan energi kinetik. Hubungan tersebut secara fisis dikatakan bahwa usaha yang dilakukan oleh gaya sama dengan perubahan energi kinetik benda.
Usaha merupakan perkalian antara gaya dan perpindahan. Gaya yang bekerja di sini adalah gaya berat (w) yaitu m· g. Jadi, secara matematis dapat dinyatakan sebagai berikut.
4.       Hukum Kekekalan Energi Mekanik
Sebuah benda yang dilempar ke atas akan memiliki energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial dimiliki karena ketinggiannya, sedangkan energi kinetik karena geraknya. Makin tinggi benda tersebut terlempar ke atas, makin besar energi potensialnya. Namun, makin kecil energi kinetiknya. Pada ketinggian maksimal, benda mempunyai energi potensial tertinggi dan energi kinetik terendah. Persamaan hukum kekekalan energi adalah
EmA = EmB.


E.        Pendekatan /Model/ Metode Pembelajaran
Pendekatan                : Scientific
Model pembelajaran   : Discovery Learning (DL)
Metode                      : demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab

F.        Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Sintaks Model Discoveri Learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

Pendahuluan
Guru menyampaikan salam.
Guru menunjuk salah satu siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
Guru dengan menanyakan kabar siswa
Guru memberikan apersepsi dan motivasi
Mereview materi pertemuan sebelumnya tentang gerak harmonik sederhana.
Memotivasi dengan menanyakan apakah kalian pernah mendorong meja dan bergerak.
Guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran

Siswa menjawab salam.
Salah satu siswa memimpin berdoa.
Siswa menjawab kabar siswa.
Siswa menerima apersepsi dan motivasi
Siswa mengingat kembali materi tentang gerak harmoik sederhana.
Siswa mendengarkan motivasi dari guru.
Siswa mendengarkan judul dan tujuan pembelajaran
2 menit

Kegiatan Inti
Fase 1: Stimulation
Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan untuk berdemonstrasi
Salah satu siswa maju kedepan untuk berdemonstrasi .
Siswa memindahkan sebuah benda dengan cara hanya memegang tersebut. Kemudia siswa tersebut memindahkan benda tersebut dengan memberikan gaya dorong pada benda tersebut.
10 menit
Fase 2: Problem statement
Guru mengarahkan siswa untuk menemukan permasalahan berdasarkan demonstrasi yang sudah dilakukan.
Siswa menemukan permasalahan berdasarkan hasil demonstrasi yang sudah dilakukan
Fase 3: Data collection

Guru membagi siswa kedalam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari dua-tiga orang yang memiliki kecerdasan tinggi, sedang dan rendah.


Guru membagikan LKS serta alat dan bahan untuk melakukan percobaan dalam menyelesaikan masalah pada LKS.



Guru menyuruh siswa untuk membaca buku atau apapun yang dapat digunakan siswa untuk mempermudah menyelesaikan permasalahan pada LKS
Siswa memisahkan diri menuju kelompoknya masing-masing.





Siswa mengambil LKS serta menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan dalam menyelesaikan masalah pada LKS.


Siswa mencari pemecahan permasalahan pada LKS.
Fase 4: Data processing

Guru mengarahkan siswa untuk merumuskan permasalahan pada LKS.

Pada saat percobaan, guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk selalu bekerja sama dalam kelompok dan mengidentifikasi variabel – variabel.

Guru membimbing dan mengarahkan siswa menganalisis data hasil percobaan.
Siswa melakukan diskusi kelompok


Siswa melakukan percobaan






Siswa menganalisis data hasil percobaan.
Fase 4: Verification

Guru meminta masing-masing kelompok memberikan perwakilan untuk menyampaikan hasil percobaan mereka dan mendiskusikannya.

Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum.
Masing-masing kelompok memberikan perwakilan untuk menyampaikan hasil percobaan mereka.


Siswa mendengarkan penjelasan yang guru berikan.
Fase 5: Generalization
Guru membimbing dan melakukan tanya jawab pada siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari siswa.
Siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari siswa

Kegiatan penutup

Guru memberikan soal evaluasi kepada masing-masing siswa.

Guru menginformasikan materi untuk pertemuan selanjutnya.


Guru menutup pembelajaran serta mengucapkan salam
Siswa menjawab soal evaluasi yang diberikan guru.

Siswa mendengarkan guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Guru menjawab salam penutup dari guru
3 menit

G.     Penilaian hasil Pembelajaran
1.       Teknik Penilaian
Metode dan bentuk instrumen
·         Metode             : Sikap, Tes tetulis dan unjuk kerja
·         Bentuk Instrumen          : Lembar pengamatan sikap, Essay dan lembar pengamatan unjuk kerja
1.       Instrumen Penilaian (Terlampir)

H.         Media, Alat, Bahan, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media                          :
Laptop & LCD
2.
Alat dan Bahan           :
Balok
3.
Sumber Pembelajaran :
·      Worksheet atau lembar kerja siswa (LKPD)
·      Lembar penilaian
·      Laptop
·      Buku Fisika untuk SMA/MA Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. (Pujianto, dkk : PT. Intan Pariwara)
·      Buku referensi yang relevan

Palangka Raya, Maret 2016
Mengetahui,

Dosen Pembimbing
Mahasiswa Praktikan





Muhammad Nasir. M.Pd
Rini Fakhrunnisa
NIP. 19850101 201503 1 004
1301130296

Label: , |
0 Responses

Posting Komentar