201
undefined
1. Instrumen Penilaian
I.
Intsrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/semester : X/I
Topik/sub topik : Hukum
Archimedes
Indikator :Siswa menunjukkan perlaku kerja sama, santun, toleran,
responsive dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Aspek yang diamati
|
Terlaksana
|
Penilaian
|
Skor
total
|
|||
Ya
|
Tidak
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Menunjukkan
rasa kagum terhadap kebesaran
Tuhan YME
|
|
|
|
|
|
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
Kreatif
|
|
|
|
|
|
|
terbuka
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang diamati
|
Rubrik
|
|
1.
|
Menunjukkan
rasa kagum terhadap kebesaran
Tuhan YME
|
3
|
Menunjukkan
rasa kagum
terhadap kebesaran Tuhan YME dengan cara menunjukkan rasa syukur dan
mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan YME
|
2
|
Menunjukkan
rasa kagum
terhadap kebesaran Tuhan YME dengan cara mengungkapkan kekaguman terhadap
kebesaran Tuhan YME tanpa menunjukkan rasa syukur
|
||
1
|
Tidak menunjukkan
rasa kagum
terhadap kebesaran Tuhan YME dan tanpa mengungkapkan rasa syukur
|
||
2.
|
Bertanggung Jawab
|
3
|
Mengerjakan
kegaiatan yang ada didalam LKS, menjaga alat dan bahan percobaan dengan baik,
tidak merusak alat dan bahan
|
2
|
Mengerjakan
kegaiatan yang ada didalam LKS, namun tidak menjaga alat dan bahan percobaan
dengan baik, merusak alat dan bahan
|
||
1
|
Tidak
mengerjakan kegaiatan yang ada didalam LKS, tidak menjaga alat dan bahan
percobaan, merusak alat dan bahan
|
||
3.
|
Kreatif
|
3
|
Mampu
memberikan ide, gagasan dalam memecahkan masalah. Mampu merancangkan
permasalahan sesuai dengan teori.
|
2
|
Mampu
memberikan ide, gagasan dalam memecahkan masalah. Namun belum Mampu
merancangkan permasalahan sesuai dengan teori.
|
||
1
|
Tidak
mampu memberikan ide, gagasan dalam memecahkan masalah. Tidak ampu merancangkan
permasalahan sesuai dengan teori.
|
||
4.
|
Terbuka
|
3
|
Menghargai
pendapat teman, menerima pendapat teman, berpikir secara luas.
|
2
|
Menghargai
pendapat teman, menerima pendapat teman, namun belum bisa berpikir secara
luas.
|
||
1
|
Tidak
menghargai pendapat teman, tidak menerima pendapat teman, tidak bisa berpikir
secara luas.
|
II.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
SOAL
URAIAN
1. Sebutkan hukum Archimedes?
2. Sebuah besi yang volumenya 0,02 m³
tercelup seluruhnya di dalam air.
Jika massa jenis air 10³ kg/m³, maka hitunglah gaya ke atas yang dialami besi tersebut!
3. Sebutkan contoh penerapan hukum Archimedes dalam
kehidupan sehari-hari.
KUNCI
JAWABAN DAN RUBIK PENILAIAN SOAL URAIAN
No soal
|
Rincian kriterian jawaban
|
skor
|
Skor tertinggi
|
Skor total
|
1
|
Menjelaskan dengan
tepat dan benar :
Hukum Archimedes berbunyi
“apabila sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair (baik sebagian atau
seluruhnya), akan mendapat gaya ke atas sebesar berat zat cair yang
dipindahkan benda tersebut”. Besarnya gaya ke atas tersebut sering dinamakan
gaya Archimedes.
|
30
|
30
|
30
|
Menjelaskan tetapi
kurang sempurna/kurang lengkap.
|
25
|
|||
Memberikan jawaban
tetapi tidak jelas.
|
20
|
|||
Memberikan jawaban
salah.
|
15
|
|||
2
|
Menulis diketahui
V
= 0,02 m3
r = 10³ kg/m³
g = 10 m/s²
|
5
|
40
|
40
|
Menulis yang ditanyakan
Fa = …?
|
8
|
|||
Menggunakan
persamaan
Fa = r ×
V × g
|
11
|
|||
Memasukkan angka
ke dalam persamaan
Fa = r ×
V × g
=
10³ × 10 × 0,02
=
200 N
Jadi, gaya ke atas yang di alami besi sebesar 200 N.
|
16
|
|||
3
|
Memberikan contoh
penerapan secara lengkap :
1.
Kapal selam
2.
Kapal laut
3.
Hidrometer
4.
Balon
udara
|
30
|
30
|
30
|
Memberikan contoh penerapan secara kurang lengkap
|
25
|
|||
Hanya memberikan satu contoh penerapan
|
20
|
|||
Memberikan
jawaban salah
|
15
|
|||
Skor
Maksimal
|
100
|
III.
Instrumen Penilaian Psikomotorik
Aspek yang diamati
|
Terlaksana
|
Penilaian
|
Skor
total
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Merancang
alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan Hukum
Archimedes
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
mesalah yang telah diberikan untuk mengetahui konsep Hukum Archimedes
|
|
|
|
|
|
|
|
Mensketsa
ilustrasi permasalahan pada Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui konsep Hukum
Archimedes
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengisi
Lembar
Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan
mengenai konsep Hukum Archimedes
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Keterampilan
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Merancang
alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan Hukum
Archimedes
|
3
: Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar,
teliti, dan teratur
2 :Merancang alat dan bahan percobaan untuk
memecahkan masalah dengan kurang benar dan tidak teliti serta tidak teratur
1 : Tidak merancang alat dan bahan percobaan untuk
memecahkan masalah.
|
2
|
Mengidentifikasi
masalah yang telah diberikan untuk mengetahui konsep Hukum Archimedes
|
3
:Mengidentifikasi masalah dengan sangat baik, tepat, dan jelas dalam
pemecahan masalah.
2 :Mengidentifikasi
masalah dengan kurang baik, kurang tepat dan tidak jelas dalam pemecahan
masalah.
1 : Tidak mengidentifikasi masalah.
|
3
|
Mensketsa
ilustrasi permasalahan pada Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui konsep Hukum
Archimedes
|
3
:Mensketsa ilustrasi permasalahan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara
tepat, dan rapi.
2 :Mensketsa ilustrasi
permasalahan sesuai pada Lembar Kerja Siswa tetapi kurang tepat dan rapi.
1 : Tidak mensketsa ilustrasi
permasalahan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara tepat, dan rapi.
|
4
|
Mengisi
Lembar
Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.
|
3
: Mengisi Lembar Kerja Siswa saat
melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan
permasalahan dengan tepat, dan bahasa yang mudah dipahami.
2 :Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan
pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan
permasalahan tetapi kurang tepat dan bahasa yang digunakan sulit dipahami.
1 : Tidak mengisi Lembar Kerja Siswa saat
melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan
permasalahan dengan tepat, dan bahasa yang mudah dipahami.
|
Palangka Raya,
April 2016
Mengetahui,
|
|
Dosen
Pembimbing
|
Mahasiswa
Praktikan
|
|
|
Wiwik Agustinaningsih, M.Pd
|
Rini Fakhrunnisa
|
|
1301130296
|
Posting Komentar