201
undefined
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester :
XI/I
Materi Pokok : Dinamika Rotasi dan Keseimbangan
Benda Tegar
Sub Materi : Titik Berat
Alokasi Waktu :
1 x 15 menit

A.
Kompetensi Inti ( KI)
KI.1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI.3
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI.4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1
|
Menyadari kebesaran
Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
|
3.6
|
Menerapkan konsep
torsi, momen inersia, titik berat, dan
momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6
|
Merencanakan dan
melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa mampu
menunjukkan rasa kagum terhadap ciptaan tuhan YME yang mengatur karakteristik
fluida melalui pengamatan di sekitar.
2.
Siswa menunjukan
sikap bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan praktikum dan diskusi, serta
melaporkan tentang titik berat.
3.
Siswa menunjukan
sikap kreatif dalam melakukan kegiatan praktikum tentang titik berat.
4.
Siswa menunjukkan
sikap terbuka dalam menerima pendapat antar anggota kelompok untuk memecahkan
masalah tentang titik berat.
5.
Siswa mampu
menyebutkan pengertian titik berat tanpa membuka buku/catatan dengan benar.
6.
Siswa
mampu menentukan letak titik berat untuk benda yang teratur maupun tidak
teratur melalui perhitungan menggunakan rumus dengan benar.
7.
Siswa
mampu menentukan letak titik berat benda yang teratur maupun tidak teratur
melalui percobaan dengar benar dan tepat.
8.
Siswa
mampu menyebutkan penerapan konsep titik berat dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Materi Pembelajaran
Suatu
benda tegar dianggap tersusun dari banyak partikel karenanya gaya gravitasi
bekerja pada tiap-tiap partikel tersebut. Dengan kata lain, setiap partikel
mempunyai beratnya masing-masing. Titik berat suatu benda adalah suatu titik
pada benda tersebut atau di sekitar benda tersebut di mana berat semua bagian
benda terpusat pada titik tersebut. Dengan kata lain titik
berat adalah titik tangkap dari semua gaya yang bekerja.
a.
Titik berat benda homogen satu dimensi
(garis)
Untuk benda-benda
berbentuk memanjang seperti kawat , massa benda dianggap diwakili oleh
panjangnya (satu dimensi) dan titik beratnya dapat dinyatakan dengan persamaan
berikut:
Pada
sumbu X :
xo =
![]() ![]()
Pada sumbu Y :
yo =
![]() ![]() |
Keterangan
:
l1 = panjang garis 1
l2 = panjang garis 2 |
b.
Titik berat benda-benda homogen
berbentuk luasan (dua dimensi)
Jika tebal diabaikan
maka benda dapat dianggap berbentuk luasan (dua dimensi), dan titik berat
gabungan benda homogen berbentuk luasan dapat ditentukan dengan persamaan
berikut:
Pada
sumbu X :
xo =
![]() ![]()
Pada sumbu Y :
yo =
![]() ![]() |
Keterangan :
A1 = Luas Bidang 1 A2 = Luas bidang 2 x1 = absis titik berat benda 1 x2 = absis titik berat benda 2 y1 = ordinat titik berat benda 1 y2 = ordinat titik berat benda 2 |
c.
Titik berat benda-benda homogen
berdimensi tiga
Letak titik berat dari
gabungan beberapa benda pejal homogen berdimensi tiga dapat ditentukan dengan
persamaan:
Pada
sumbuX :
xo =
![]() ![]()
Pada sumbu Y :
yo =
![]() ![]() |
Keterangan :
V1=Volume Benda 1 V2= Volume Benda 2 x1 = absis titik berat benda 1 x2 = absis titik berat benda 2 y1 = ordinat titik berat benda 1 y2 = ordinat titik berat benda 2 |



E.
Pendekatan /Model/ Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model pembelajaran : STAD
Metode : demonstrasi,
eksperimen, diskusi, tanya jawab
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·
Kegiatan Pendahuluan
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
PENDAHULUAN
|
||
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan ‘Basmallah”
3.
Memeriksa kehadiran siswa
(Prosedur pra intruksional)
|
1.
Siswa menjawab salam
2.
Siswa
bersama-sama membuka pelajaran dengan
mengucapkan ‘Basmallah”
3.
Siswa memberitahukan kehadiran.
|
2
menit
|
Fase
1 Menyampaikan Tujuan Dan Memotivasi Siswa
|
||
1.
Guru
memberikan motivasi kepada siswa dengan mendemonstrasikan sebuah mistar yang diletakkan
diatas jari telunjuk tepat ditengah mistar. sehingga mistar seimbang karena
ditumpu oleh jari telunjuk. Hal inilah yang dinamakan dengan titik berat pada
mistar. Kemudian guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi.
(teknik dasar bertanya)
2.
Guru
menyampaikan judul materi pembelajaran.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
(teknik
introduksi bahan).
|
1. Siswa mendengarkan guru dan menjawab pertanyaan
guru.
2. Guru menyampaikan judul materi pembelajaran.
3. Siswa
mendengarkan
guru.
|
|
Kegiatan
inti
|
||
Fase
2 Menyajikan Informasi
|
10 menit
|
|
1.
Guru menyampaikan informasi
mengenai titik berat.
(teknik
pemaparan materi)
(Teknik
dasar menciptakan variasai situasi yang memberi stimulus)
(teknik
dasar mempertahankan minat murid)
(keterampilan
menggunakan media pembelajaran)
|
1. Siswa memperhatikan guru.
|
|
Fase
3 Mengorganisasikan Siswa Kedalam Kelompok-Kelompok Belajar.
|
||
1.
Guru membagi siswa kedalam
kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari dua-tiga orang yang memiliki
kecerdasan tinggi, sedang dan rendah.
2.
Guru membagikan LKS kepada siswa.
|
1. Siswa bergabung kedalam kelompok yang sudah
dietapkan oleh guru
2. Siswa
mengerjakan LKS
|
|
Fase
4 Membimbing Kelompok Bekerja Dan Belajar
|
||
1.
Guru membimbing siswa dalam
melakukan diskusi dan mengerjakan LKS.
(teknik dasar memberi
perintah)
|
1. Siswa mengerjakan LKS dengan dibimbing siswa.
|
|
Fase
5 Evaluasi
|
||
1.
Guru mempersilahkan perwakilan
kelompok menyampaikan hasil diskusi.
(teknik dasar memberi
perintah)
2.
Guru mempersilahkan kepada siswa
utnuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari
3.
Guru menanggapi dan memberikan
evaluasi terhadap hasil diskusi
(teknik dasar
memberikan reinforcement)
(teknik dasar
menentukan dan mengoreksi kesalahan)
|
1. Siswa maju mempresentasikan hasil diskusinya.
2. Siswa
menyimpulkan materi pelajaran.
3. Siswa
mendengarkan guru.
|
|
Fase 6 Memberikan
Penghargaan
|
|
|
1.
Guru
memberikan penghargaan kepada setiap kelompok yang berperan aktif dalam
diskusi.
2.
Guru
memberikan soal evaluasi kepada siswa untuk dikerjakan dirumah.
3.
Guru memberikan materi yang akan
dipelajari selanjutnya.
4.
Guru menutup pembelajaran dengan
mengucapkan Hamdallah.
(teknik menutup
pembelajaran)
|
1. Siswa menerima penghargaan seusai dengan kriteria.
2. Siswa menerima soal evaluasi untuk dikerjakan dirumah.
3. Siswa
mendengarkan guru.
4. Siswa
mengucapkan Hamdallah.
|
3
menit
|
1.
Teknik Penilaian
no
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
·
Bertanggung
jawab dalam kegiatan kelompok
·
Kreatif
dalam memecahkan masalah.
·
Terbuka
dalam menerima pendapat teman
·
Kagum
terhadap atas kekuasaan yang Maha esa
|
·
Observasi
kegiatan diskusi
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
antar peserta didik
|
·
Lembar
observasi
·
Format
penilaian
·
Format penilaian
|
2
|
Pengetahuan
·
Menjelaskan
kembali tentang
Titik
berat.
|
·
Tes
tertulis
·
penugasan
|
·
soal
uraian
|
3
|
Keterampilan
· terampil memecahkan masalah mengenai titik berat.
·
Terampil
menerapkan hukum-hukum titik berat dalam kehidupan sehari-hari
|
·
pengamatan
|
·
Lembar
pengamatan
|
1.
Instrumen Penilaian (Terlampir)
G.
Media, Alat, Bahan, dan Sumber Pembelajaran
1.
|
Media :
|
Papan
Tulis, Laptop & LCD
|
2.
|
Alat dan Bahan :
|
|
3.
|
Sumber Pembelajaran :
|
· Worksheet atau lembar kerja siswa (LKPD)
· Lembar penilaian
· Laptop
· Buku Fisika untuk
SMA/MA Kelas XI Peminatan
Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. (Edi Istiyono : PT. Intan
Pariwara)
· Buku
referensi yang relevan
|
Palangka Raya, April 2016
Mengetahui,
|
|
Dosen
Pembimbing
|
Mahasiswa
Praktikan
|
|
|
Wiwik
Agustinaningsih,M.Pd
|
Rini Fakhrunnisa
|
|
1301130296
|
Posting Komentar