201
undefined
1.
Instrumen Penilaian
1. Intsrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X/I
Topik/sub topik : Pengukuran
Indikator :Siswa menunjukkan perlaku kerja sama, santun, toleran,
responsive dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Penilaian
|
KET
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Menunjukkan
rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME
|
|
|
|
|
2.
|
Rasa
ingin tahu
|
|
|
|
|
3.
|
Jujur dalam membaca skala
pada alat ukur
|
|
|
|
|
4.
|
Teliti dalam membaca skala
pada alat ukur
|
|
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
|
1.
|
Menunjukkan
rasa kagum terhadap kebesaran Tuhan YME
|
3
|
Menunjukkan
rasa kagum terhadap
kebesaran Tuhan YME dengan cara menunjukkan rasa syukur dan
mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan YME
|
2
|
Menunjukkan
rasa kagum terhadap
kebesaran Tuhan YME dengan cara mengungkapkan kekaguman terhadap
kebesaran Tuhan YME tanpa menunjukkan rasa syukur
|
||
1
|
Tidak menunjukkan
rasa kagum terhadap
kebesaran Tuhan YME dan tanpa mengungkapkan rasa syukur
|
||
2.
|
Rasa
ingin tahu
|
3
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu, penasaran, antusias, menjawab pertanyaan guru, berpendapat
dan aktif bertanya.
|
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu, penasaran, kurang antusias, kurang menjawab pertanyaan guru,
kurang berpendapat dan kurang bertanya.
|
||
1
|
Tidak
menunjukkan rasa ingin tahu, tidak penasaran, tidak antusias, tidak menjawab
pertanyaan guru, tidak berpendapat dan tidak bertanya.
|
||
3.
|
Jujur dalam membaca skala
pada alat ukur
|
3
|
Membaca
skala pada alat ukur dengan jujur tanpa merubah angkanya.
|
2
|
Membaca
skala pada alat ukur dengan jujur namun merubah sedikit angkanya.
|
||
1
|
Tidak membaca
skala pada alat ukur dengan jujur dan merubah
angkanya.
|
||
4.
|
Teliti dalam membaca skala
pada alat ukur
|
3
|
Membaca
skala dan ketelitian pada alat ukur dengan teliti tanpa kesalahan.
|
2
|
Membaca
skala dan ketelitian pada alat ukur dengan teliti namun sedikit kesalahan.
|
||
1
|
Tidak membaca
skala dan ketelitian pada alat ukur dengan teliti dan banyak kesalahan.
|
2.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
SOAL URAIAN
1.
Apa yang dimaksud dengan pengukuran dan mengukur serta
berikan contohnya?
2.
Anda diminta
untuk mengukur ketebalan sebuah uang kertas. Alat ukur panjang apa yang akan
anda pilih? Sebutkan alasan anda memilih alat tersebut.
3.
Hasil
pengukuran panjang dan lebar sebidang tanah berbentuk empat persegi panjang
adalah 12,23 m dan 14,3 m. Luas tanah menurut aturan angka penting adalah…..
4.
Diana
mengukur diameter dalam tabung dapat menunjukkan keadaan pengukuran seperti pada
gambar. Berapakah diameter dalam tabung tersebut?

5.
Penunjukkan
skala pada mikrometer sekrup yang digunakan
untuk mengukur tebal
kertas dapat dilihat seperti
pada Gambar 1.12. Berapakah hasil pengukuran tersebut?

KUNCI JAWABAN DAN RUBIK PENILAIAN SOAL URAIAN
No soal
|
Criteria jawaban
|
Rincian kriterian
jawaban
|
skor
|
Skor tertinggi
|
Skor total
|
1
|
Menjelaskan
pengukuran dan alat ukur
|
Menjelaskan
dengan tepat dan benar :
Pengukuran
merupakan proses mengukur. Sedangkan mengukur
didefinisikan sebagai
kegiatan untuk membandingkan suatu
besaran dengan besaran standart yang sudah ditetapkan
terlebih
dahulu.
Contohnya
mengukur buku menggunakan penggaris dsb
|
20
|
20
|
20
|
Menjelaskan
tetapi kurang sempurna/tidak menuliskan contoh :
Pengukuran merupakan proses mengukur.
Sedangkan mengukur didefinisikan sebagai kegiatan
untuk membandingkan suatu
besaran dengan besaran standart yang sudah ditetapkan
terlebih
dahulu.
|
16
|
||||
Memberikan
jawaban tetapi tidak jelas : Pengukuran merupakan proses mengukur.
|
12
|
||||
Memberikan
jawaban salah : Pengukuran tidak
termasuk proses mengukur.
|
8
|
||||
Tidak
menuliskan jawaban.
|
4
|
||||
2
|
Melakukan pengukuran serta
menggunakan alat ukur secara benar
|
Memberikan
jawaban serta alasan secara tepat :
Mikrometer sekrup karena
micrometer merupakan alat
ukur panjang yang ketelitian pengukurannya sangat teliti karena memiliki
ketelitian 0,01 mm.
|
20
|
20
|
20
|
Menjelaskan
tetapi kurang sempurna/tidak namun
tidak menuliskan alasan :
Mikrometer
sekrup karena termasuk alat ukur
|
16
|
||||
Memberikan
jawaban tetapi tidak jelas : micrometer sekrup
|
12
|
||||
Memberikan
jawaban salah : jangka sorong
|
8
|
||||
Tidak
menuliskan jawaban.
|
4
|
||||
3
|
Mendefinisikan angka penting dan menerapkannya
|
Menjelaskan
dengan tepat dan benar beserta penjelasan :
Luas
= 12,23 x 14,3 = 174,889 m2
Aturan perkalian angka penting : jumlah angka penting hasil perkalian harus sebanyak angka penting paling sedikit dari bilangan yang dikalikan. 12,23 mempunyai 4 angka penting dan 14,3 mempunyai 3 angka penting. Angka penting paling sedikit adalah 3 karenanya hasil perkalian juga harus mempunyai angka penting sebanyak 3. 174,889 mempunyai 6 angka penting, karenanya harus dibulatkan hingga mempunyai 3 angka penting saja = 175. |
20
|
20
|
20
|
Menjelaskan
tetapi kurang sempurna:
Luas =
12,23 x 14,3 = 174,889 m2. Dibulatkan menjadi 175
|
16
|
||||
Memberikan
jawaban tetapi tidak jelas :
Luas =
12,23 x 14,3 = 175 m2
|
12
|
||||
Memberikan
jawaban salah.
|
8
|
||||
Tidak
menuliskan jawaban.
|
4
|
||||
4
|
Membaca nilai yang ditunjukkan
alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan
aturan penulisan angka penting.
|
Menulis diketahui
Diketahui :
x0 = 23 mm
Δx = 12
|
2
|
20
|
20
|
Menulis yang ditanyakan
x
= …..
|
3
|
||||
Menggunakan
persamaan
x
= x0
+ Δx . 0,05
|
6
|
||||
Memasukkan
angka ke dalam persamaan
x = x0
+ Δx . 0,05
= 23 + 12.0,05 = 23,60
mm
|
9
|
||||
5
|
Membaca nilai yang ditunjukkan
alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan
aturan penulisan angka penting.
|
Menulis diketahui
Diketahui :
x0 = 1 mm
Δx = 6
|
2
|
20
|
20
|
Menulis yang ditanyakan
x
= …..
|
3
|
||||
Menggunakan
persamaan
x
= x0
+ Δx . 0,01
|
6
|
||||
Memasukkan
angka ke dalam persamaan
x = x0 + Δx
.
0,01
= 1 + 6 . 0,01 = 1,06 mm
|
9
|
||||
Skor Maksimum
|
100
|
Palangka Raya, Februari 2016
Mengetahui,
|
|
Dosen
Pembimbing
|
Mahasiswa
Praktikan
|
|
|
Luvia Ranggi Nastiti,
S.Si, M.Pd
|
Rini Fakhrunnisa
|
NIP. 19851115 201503 2 002
|
1301130296
|
Posting Komentar